Cara Simpel Membersihkan Makeup Brush

Selain menjaga makeup brush kamu lebih awet, rajin membersihkan peralatan makeup juga bisa menjaga kesehatan kulit wajahmu. Tidak sulit kok! Berikut tipsnya.

Banyak orang mengatakan bahwa permasalahan wajah seperti jerawat, wajah kusam, dan lainnya disebabkan oleh debu atau penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok dengan kulit wajah. Tapi, tahukah ada faktor lain yang tanpa kamu sadari menjadi penyebab dari kulit wajah bermasalah? Salah satunya jarang membersihkan makeup brush.

Selain karena malas, padatnya aktivitas dan kesibukan sehari-hari juga sering dijadikan alasan untuk membiarkan makeup brush kamu kotor dan menyimpan begitu banyak bakteri. Tidak hanya menyimpan bakteri, kuas yang kotor juga menjadi gudang penyebab alergi dan mengundang penyakit kulit yang tidak bisa dianggap enteng. Daripada terlambat, simak cara simpel di bawah ini untuk membersihkan makeup brush kamu di rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Susun Peralatan Makeup Berdasarkan Kategori

Langkah pertama yang bisa Bellas lakukan adalah menyusun dan memisahkan beauty kit ini, mulai dari kategori kuas, spons, dan puff. Tujuannya agar proses membersihkan jadi lebih cepat dan efektif. Khusus untuk kategori kuas, pisahkan lagi antara kuas yang biasa digunakan untuk kosmetik bertekstur basah (seperti foundation, eyeliner, dan lipstik) dengan kuas yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan kosmetik bertekstur kering (seperti bedak, eyeshadow, dan blusher).

 

Peralatan yang Dibutuhkan

Setelah memisahkan sesuai dengan kategori, persiapkan beberapa peralatan untuk membersihkannya. Yaitu sabun khusus pencuci kuas makeup atau bisa juga sampo bayi, handuk bersih, egg brush cleaner (alat berbentuk bulat telur dan pada bagian permukaannya terdapat pola bergigi berbahan karet untuk membersihkan brush), brush tree, dan mangkuk kecil.

Langkah Membersihkan Kuas Makeup

  1. Basahi bulu-bulu kuas dengan air dingin. Sedangkan, untuk membersihkan kuas foundation, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu dalam larutan sabun dan air. Saat direndam, pastikan hanya merendam bulu kuas saja. Usahakan untuk tidak mengenai bagian besinya agar tidak mengurangi kerekatan lem pada bulu-bulu kuas dengan gagangnya.
  2. Tuangkan sabun pencuci kuas ke atas egg brush cleaner. Jika tidak punya, cukup di telapak tanganmu saja. Kamu bisa menggosok kuas pada sabun yang sudah dituang dengan gerakan memutar sampai sisa-sisa kosmetik tersebut luruh dan bulu-bulu kuasnya menjadi bersih. Untuk membersihkan kuas yang digunakan pada kosmetik cair, kamu bisa menambahkan minyak zaitun untuk meluruhkan sisa-sisa makeup.
  3. Saat membilas, pastikan menggunakan air dingin yang mengalir. Jangan gunakan air panas agar tidak mengurangi kekuatan lem antara bulu kuas dengan gagangnya. Pastikan pula sisa busa tersebut sudah tidak tertinggal. Kamu bisa menyibak bagian tengah kuas yang paling tebal untuk memastikan kebersihannya.
  4. Kemudian peraslah bulu-bulu kuas tersebut guna membuang sisa air, lalu keringkan dengan handuk. Tepuk-tepuk dengan lembut hingga air tersebut terserap di handuk. Setelah itu, gantungkan kuas pada brush treeatau letakkan gelas plastik di atas meja dengan posisi terbalik. Lalu, ikatkan satu buah karet gelang pada badan gelas, selipkan karet lainnya pada karet yang sudah diikat di gelas, dan gantungkan kuas dalam posisi terbalik agar sisa air bisa turun dan tidak menyebabkan karatan pada ujung kuas.
  5. Terakhir, letakkan kuas yang digantung di tempat yang sejuk agar bulu kuas yang lembap cepat kering. Hindari penggunaan hair dryer ya karena bisa membuat tekstur bulu menjadi kasar dan merekah.

Nah, Bellas, itulah langkah sederhana untuk membersihkan kuas makeup. Jika kamu mencari blusher untuk blush on terbaru dengan desain yang compact, kamu bisa memilih Mirabella Country Fresh Duo Blusher. Tentu saja Mirabella memiliki makeup kit dengan brush yang berkualitas, membuat tampilan semakin sempurna!